Langsung ke konten utama

“𝗗𝘂𝗮 𝗛𝗼𝘁 𝗜𝘁𝗲𝗺𝘀 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗦𝗲𝗱𝗮𝗻𝗴 𝗩𝗶𝗿𝗮𝗹 𝘂𝗻𝘁𝘂𝗸 𝗣𝗲𝗻𝗴𝗴𝗲𝗺𝗮𝗿 𝗞-𝗙𝗼𝗼𝗱”

Berhati-hati dari Demam Berdarah


Demam berdarah sudah sangat familiar di
telinga banyak orang.
Tidak hanya di musim hujan tapi musim
kemarau pun bisa terjadi kasus demam berdarah.
Banyak aspek yang menyebabkan demam
berdarah mudah terjangkit disuatu daerah
dari kurangnya memperhatikan lingkungan ,
kurang menjaga kebersihan rumah dan
halaman bahkan tak jarang nyamuk ini
malah mengincar ke seseorang yang justru
sangat bersih.
Aku ada pengalaman pribadi dengan
demam berdarah ini , qaddarulloh beberapa bulan yang lalu sempat dirawat di rumah sakit dengan diagnosa demam berdarah , entahlah aku terkena demam berdarah dimana namun setelah dirawat inap selama 5 hari baru keluar hasil tes darah bahwa trombosit turun.
Gejalanya sendiri sangat signifikan pada
umumnya , badan terasa lemas , pegal , terasa
perih di mata , pusing , mudah lelah.

Sebelum demam berdarah diagnosa ku di
rumah sakit adalah leukosit rendah, hb
rendah dan ada pembengkakan lambung
juga gejala kerusakan hati.
Hancur hati rasanya karena harus
meninggalkan anak-anak dirumah selama
menjalani perawatan intensif di Rumah
Sakit sehingga suami mondar-mandir nih
urusan rumah dan istri di rumah sakit.
Rindu rasanya beraktifitas seperti biasanya.
Saking bosan dirumah sakit , sampai tanya
ke dokter kira-kira masa pemulihannya
berapa lama dan dokter menjawab sekitar
kurang lebih 10 hari atau bahkan bisa lebih
dari itu.
Suntik berulang setiap hari menjadi salah
satu kebiasaan yang terpaksa rutin
dilakukan demi pemulihan, karena harus
cek trombosit untuk update ada perbaikan atau tidak,
tangan sampai babak belur karena gonta ganti infusan juga suntik berulang , kapok
deh rasanya.
Terkadang gejala yang dirasa sebelumnya
seperti tyfus namun cek tyfus aman ,
sebenarnya sakit yang dirasa udah terasa
dari sebelum bulan puasa dan puncaknya
bulan mei akhir sudah sangat terasa berat
bahkan menggerakan badan saja sudah
tidak bisa.
Sehingga keluarga dan suami memutuskan
untuk lebih baik dirawat di rumah sakit saja
agar bisa di sembuhkan.
Sudah bolak balik klinik tidak ada
perkembangan , sudah dibawa ke salah
satu rs dan hasil aman tp tubuh tak
berdaya, coba ke klinik lagi dan disuruh cek
darah , besoknya sudah titik tidak karuan
dibawa ke igd dan pingsan ketika diambil
darah.
 Demam berdarah ini berbahaya karena
selain bisa menular dari nyamuk tapi juga
bisa mematikan.
Gejalanya yaitu pendarahan aku rasakan
ketika dirumah sakit dan masa pemulihan
namun tidak mimisan tapi BAB berdarah
seperti wasir tapi tidak sakit, yang terasa
sakit dan panas hanya di dalam perut.
Rutin deh minum obat dokter , istirahat yang
cukup , minum jus jambu setiap hari namun
aku konsumsi buah dan sayuran lainnya
juga agar tubuh semakin membaik.
Alhamdulillah bisa melalui Demam
berdarah dan kembali sehat.
Setelah 2tahun masa pandemi terlalui
demam berdarah yang tadinya tingkat
pasien menurun sekarang setelah normal
kembali meningkat .
Jadi aware banget aku sama keluarga
karena takut ada yang merasakan sakit
yang sama seperti yang aku alami
sehingga aku minta suami untuk menjaga rumah agar anak-anak terhindar dari
nyamuk demam berdarah ini karena rasa
sakitnya sangat luar biasa.
Masa pemulihan dan penyembuhannya pun
perlu waktu yang lumayan.

Dalam acara tersebut hadir beberapa
narasumber yang berbagi pengetahuan dan
pengalaman .

Nah aku sempat hadir di salah 1 acara
bersama dengan mereka
▪ dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, yang
merupakan Kepala Biro Komunikasi dan
Pelayanan Publik, Kementrian
Kesehatan Republik Indonesia
▪ Dr. Dr. Anggraini Alam, Sp.A(K), Ketua
UKK Infeksi & Penyakit Tropis, IDAI
▪ Andreas Guthknecht, General Manager
Takeda Indonesia
▪ Ringgo Agus Rahman dan Sabai
Morschek, yang juga ternyata pernah mengalami Demam
Berdarah dan sharing juga disini.
Dan yang mengagetkan demam berdarah
ini bisa dialami 2x oleh manusia.
Nah Ringgo Agus Rahman salah satunya
yang sudah merasakan 2x terkena demam
berdarah.
Menurut WHO, Indonesia merupakan salah
satu Negara di Asia Tenggara yang paling
terdampak DBD karena terletak pada
daerah yang tropis dan subtropis.
Memang ya terasa sekali meski hujan atau
panas nyamuk ini bisa bertahan hidup
bahkan ditempat bersih sekalipun.
Rasa tersengat nyamuk pun bisa
menimbulkan gatal yang lumayan
mendesak kuku jari untuk menggaruk .
Angka kematian dari kasus DBD mencapai
41,3% (Tahun 1968) di indonesia loh.
Meski sekarang sudah menurun, Pemerintah tetap sangat serius untuk
menyiapkan langkah dalam pencegahan
DBD melalui Strategi Nasional
Penanggulangan Dengue 2021-2025
seperti:
1. Pengawasan lingkungan dan
pemberantasan sarang nyamuk Aedes
Aegypti
2. Penanganan kasus demam berdarah
secara tepat dan efektif
3. Peningkatan kapasitas dan keterlibatan
masyarakat dalam mencegah demam
berdarah
4. Peningkatan kualitas data dan informasi
tentang demam berdarah
5. Mengembangkan studi, riset dan inovasi
pencegahan demam berdarah dengan 3M
Plus
Bahkan yang tadinya selama PPKM kerja
bakti sudah jarang dilakukan sekarang
sudah mulai aktif lagi nih kader untuk keliling mengecek rumah para warga
memberikan penyuluhan tentang DBD
bahkan dibagikan serbuk untuk anti jentik
nyamuk.
Banyak sekali yang harus kita lakukan
untuk dapat menegh demam berdarah, dari
menjaga kebersihan rumah dan halaman ,
mencegah adanya genangan atau rutin
menguras bak dan mendaur ulang sampah
plastik atau barang bekas yang menjadi
sarang nyamuk .
Hindari menggantung banyak barang
dirumah.
Selain menjadi barang yang berharga
mendaur ulang mengurangi peningkatan
limbah.
Berikut caraku bersama suami dirumah
untuk mencegah demam berdarah yang lebih efektif lagi :
▪ Pasang jaring-jaring di ventilasi atau
jendela terbuka dirumah
▪ Rutin menguras bak
▪ Tidak menggantung pakaian diluar
lemari
▪ Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk
▪ Memaka lotion anti nyamuk atau rutin
penyemprotan anti nyamuk di rumaj
▪ rutin membersihkan lingkungan sekitar
▪ Mendaur ulang limbah rumah tangga
▪ Menanam tanaman pengusir nyamuk
dan lainnya
Nah aku sempat dengar kalau ternyata ada
loh vaksin untuk demam berdarah , Vaksin
ini membantu juga untuk memcegah
demam berdarah terjadi atau mencegah
demam berdarah terulang kembali lada
pasien yang pernah terjangkit DBD.
Sehingga Vaksinasi Demam Berdarah bisa
juga menjadi upaya untuk melindungi diri,
keluarga dan lingkungan sekitar dari demam berdarah.
Demam berdarah merupakan salah satu
penyakit yang bisa dicegah dengan
vaksinasi.
Vaksin DBD sudah dikembangkan dan
telah mendapatkan persetujuan dari Badan
Pengawas Obat
dan Makanan atau BPOM, sehingga bisa
dilakukan 2 kali dengan rentang waktu 3
bulan.
Vaksin DBD juga direkomendasikan oleh
Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).
Karena Demam berdarah sangat
mengancam jiwa bagi setiap manusia yang
terjangkit sehingga kita harus lebih
menjaga dan berhati-hati untuk mencegah
Demam Berdarah hadir di sekitar kita.
Sehingga kita harus peduli tidak hanya
pada rumah dan halaman sendiri tapi pada
lingkungan sekitar agar kita sama-sama
terhindar dari Demam berdarah.
Lakukan upaya 3MPlusVaksin dan sebar
kebaikan ke kerabat lainnya agar lebih
aware lagi karena Demam berdarah sangat
nyata ada di sekitar kita.
Ringgo dan keluarga sudah melakukan
vaksinasi tersebut loh , karena tidak ingin
pengalamannya terkena demam berdarah
dirasakannya juga oleh istri dan anak-
anaknya.
Karena Vaksin DBD ini baru tersedia untuk
usia 6-45 tahun, sehingga dibawah usia 6
tahun belum bisa untuk melakukan Vaksin
DBD.
Besar harapan aku dengan adanya sharing
di blog aku ini jadi lebih banyak orang yang
sadar untuk menjaga lingkungan dan
mencegah DBD tidak hanya dengan 3M
saja tapi 3MPlusVaksin .
Salam sehat semuanya .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

𝗣𝗲𝗿𝗹𝗲𝗻𝗴𝗸𝗮𝗽𝗮𝗻 𝗠𝗮𝗸𝗮𝗻 𝗕𝗮𝘆𝗶 𝗧𝗲𝗿𝗯𝗮𝗶𝗸 𝗕𝗣𝗔 𝗙𝗿𝗲𝗲

Sebagai seorang ibu memilih perlengkapan si kecil merupakan hal yang penting  apalagi untuk perlengkapan makannya , karena akan mempengaruhi kenyamanan  dan keamanan si kecil ketika makan dan minum . Dari dulu selagi kecil aku ingat sekali mama selalu membeli produk 𝐋𝐮𝐬𝐭𝐲𝐁𝐮𝐧𝐧𝐲 untuk adik - adikku dari perlengkapan makan dan juga botol susu , sehingga sudah  turun temurun aku tau produk 𝐋𝐮𝐬𝐭𝐲𝐁𝐮𝐧𝐧𝐲 juga menjadi pemakainya . Produk 𝐋𝐮𝐬𝐭𝐲𝐁𝐮𝐧𝐧𝐲 BPA Free dan aman juga nyaman digunakan oleh si kecil . Ketika makan anak sangat rentan dengan jatuhnya makanan dari mulut ataupun  tersedak ketika minum air , sehingga selain tugas ibu mendampingi si kecil ketika  makan dan minum , memberikan perlengkapan makan dan minum yang aman dan  nyaman juga menjadi tanggung jawab seorang ibu . Aku percaya pada produknya LustyBunny, siapa sih yang tidak tahu dengan  produknya 𝐋𝐮𝐬𝐭𝐲𝐁𝐮𝐧𝐧𝐲 yang sudah dengan mudah dapat ditemukan atau dibeli  dimanapun dengan harga yang terj

𝐏𝐞𝐧𝐭𝐢𝐧𝐠𝐧𝐲𝐚 𝐌𝐞𝐧𝐠𝐞𝐧𝐚𝐥𝐤𝐚𝐧 𝐖𝐚𝐫𝐧𝐚 𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐒𝐢 𝐊𝐞𝐜𝐢𝐥 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐌𝐞𝐧𝐬𝐭𝐢𝐦𝐮𝐥𝐚𝐬𝐢 𝐕𝐢𝐬𝐮𝐚𝐥𝐧𝐲𝐚 𝐒𝐞𝐣𝐚𝐤 𝐃𝐢𝐧𝐢

Menjadi orang tua memiliki peranan penting yang dituntut untuk bisa membantu dalam stimulasi tumbuh kembangnya Si Kecil. Sebab, setiap orang tua tentu ingin anak-anaknya bisa tumbuh dengan baik bukan? Nah, untuk mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil ini, dibutuhkan stimulasi. Stimulasi yang bisa dilakukan antara lain: ● Stimulasi taktil ● Auditori/pendengaran ● Pengecapan ● Penciuman ● Visual Stimulasi di atas bisa dilakukan sehari-hari di rumah. Misalnya pada stimulasi visual. Stimulasi visual Merupakan stimulasi yang melatih indra penglihatan Si Kecil yang bisa dilakukan salah satunya dengan cara mengenalkan warna sejak dini pada Si Kecil. Tentunya mengenalkan warna pada Si Kecil dengan menggunakan media warna, maka stimulasi akan lebih mudah dan menyenangkan untuk anak. Pada tanggal 2 Desember 2023 kemarin. Aku berkesempatan hadir di IMBEX JCC untuk mengikuti talkshow yang diadakan oleh Farlin bersama Dr. Andreas dan Ibu Desvita, Jr Brand Manager dari Farli

𝗖𝗘𝗚𝗔𝗛 𝗗𝗘𝗠𝗔𝗠 𝗕𝗘𝗥𝗗𝗔𝗥𝗔𝗛 𝗗𝗘𝗡𝗚𝗨𝗘 𝗗𝗘𝗡𝗚𝗔𝗡 𝟯𝗠 𝗣𝗟𝗨𝗦 𝗩𝗔𝗞𝗦𝗜𝗡 𝗗𝗕𝗗

Ada tujuh daerah di Indonesia yang terpapar gelombang panas ekstrem menurut BMKG. Fenomena iklim El nino berpotensi adanya kondisi kekeringan yang menyebabkan gagal panen dan kekurangan air di beberapa daerah. Tidak hanya itu,tapi fenomena El nino ini juga berpotensi menyebabkan penyakit yang lebih serius dari sebelumnya, salah satunya demam berdarah dengue . Yang sudah marak sekarang dikalangan masyarakat karena kondisi udara pun ikut buruk sistem pernafasan pun jadi terganggu . Pengaruh Suhu yang panas terhadap Nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus Ternyata suhu sangat berpengaruh pada faktor abiotik terpenting pada kehidupan serangga seperti nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus sehingga perubahan iklim akan mempengaruhi distribusi nyamuk dan membuat nyamuk berkembang dengan cepat. Bahkan menurut penelitian, nyamuk Aedes aegypti akan semakin ganas saat berada pada suhu yang lebih panas. Dikarenakan nyamuk termasuk dalam ectothermic , yaitu suhu tubuhnya te

𝗜𝗠𝗣𝗟𝗢𝗥𝗔 𝗪𝗢𝗪 , 𝗦𝗶 𝗦𝗮𝘁 𝗦𝗲𝘁 𝗕𝗶𝗸𝗶𝗻 𝗔𝗹𝗶𝘀 𝗢𝗻

Beauty , kalian punya pengalaman juga gak sih dalam belajar membuat alis yang rapih itu ternyata butuh perjuangan dan waktu yang ekstra ya , tidak semudah yang dibayangkan atau yang terlihat , apalagi bila alat bantunya tidak mumpuni atau sesuai dengan yang dibutuhkan. Padahal alis ku ini super tipis dan sangat membutuhkan untuk dibentuk dan dipercantik supaya lebih terlihat tegas. Pas banget nih aku mau share ke kalian cara mudah untuk membuat alis tetap on dengan produknya IMPLORA WOW Brow Pomade. Dijamin sih setelah coba kalian akan merasakan kemudahan dalam membentuk alis yang cantik dan tidak perlu worried lagi takut alis ga mode on. Menurutku dari segi produk IMPLORA WOW! Brow Pomade ini terlihat  packagingnya udah oke banget apalagi ada 4 rangkaian warna yang berbeda dan bisa kalian pilih sesuai yang cocok dengan warna kulit kalian . 4 varian warnanya ada Black ,  Dark Brown , Dark grey dan Medium Brown . Tekstur nya creamy mudah untuk d

𝐌𝐚𝐦𝐚'𝐬 𝐂𝐡𝐨𝐢𝐜𝐞 𝐁𝐚𝐛𝐲 𝐅𝐥𝐨𝐨𝐫 𝐂𝐥𝐞𝐚𝐧𝐞𝐫 𝐊𝐮𝐫𝐚𝐧𝐠𝐢 𝐖𝐨𝐫𝐫𝐲 𝐌𝐚𝐦𝐚

Hallo Assallamuallaikum selamat membaca blog ibu eby lagi ,, kali ini aku akan kasih tau salah satu produk andalan aku yang selalu aku pakai dirumah yang aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui dan membuat aku nyaman bersama si kecil untuk beraktivitas dilantai .. Biasanya aku tuh paling takut dan ribet banget soal lantai  apalagi membiarkan sikecil bermain dilantai karena seringkali sikecil selalu memasukkan tangan atau mainannya ke dalam mulut setelah bersentuhan dengan lantai dan lagi kekhawatiranku terhadap kotoran , bakteri , kuman dan toksin yang hinggap dilantai , terdengar lebay mungkin ya tapi kebersihan itu harus diutamakan demi kebaikan dan kesehatan bersama  .. Ini dia salah satu rangkaian produk dari mama's choice yang sudah terbuki aman , efektif , jujur , bebas toksin dan sepadan dengan nilai harga yang akan dikeluarkan oleh mama yaitu Mama's Choice Baby floor cleaner .. Karena selain memperhitungan soal harga sangat penting banget loh

𝟴 𝗝𝗲𝗻𝗶𝘀 𝗖𝗲𝗿𝗮𝗺𝗶𝗱𝗲 𝗗𝗮𝗹𝗮𝗺 𝗦𝗮𝘁𝘂 𝗣𝗿𝗼𝗱𝘂𝗸

Apa??? Melembabkan dan memperbaiki skin barrier semudah itu , wow sih Aku tuh beberapa minggu ini lagi pakai brand implora kesayangan aku yang ternyata sekarang dia punya produk 8+ Ceramide Skin Barrier Moisturizing Gel Dan karena kulitku lagi bertekstur kasar dan kering jadi aku memutuskan untuk pakai ini. Kalian Pasti udah pada tau lah ya kalau mengandung Ceramide itu bagus untuk kulit Kejutannya Implora ini menggunakan delapan jenis ceramide , keren kan . Udah pasti beda dengan brand lainnya sih ini . Dari awal tahu produk implora ini aku langsung excited sih pengen cepetan punya supaya bisa langsung cobain gimana sih rasa delapan jenis ceramide. Implora memberikan banyak inovasi baru mulai dari packagingnya , kandungan dan kegunaannya yang dapat memuaskan para pecinta implora tentunya . Langsung aja yuk , baca ulasan lengkapnya dibawah ini 🥰 8+ Ceramide Skin Barrier 8+ Ceramide Skin Barrier implora ini  packagingnya gemas banget deng

𝑰𝒌𝒖𝒕 𝑺𝒆𝒓𝒕𝒂 𝑫𝒖𝒌𝒖𝒏𝒈 𝑲𝒆𝒎𝒆𝒓𝒅𝒆𝒌𝒂𝒂𝒏 𝑨𝒏𝒂𝒌 𝑩𝒂𝒏𝒈𝒔𝒂 𝑩𝒆𝒓𝒔𝒂𝒎𝒂 𝑺𝑮𝑴 𝑬𝑲𝑺𝑷𝑳𝑶𝑹 𝑫𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝑰𝒌𝒖𝒕𝒊 𝑮𝒆𝒓𝒂𝒌𝒂𝒏 #𝑨𝒚𝒐𝑻𝒖𝒏𝒋𝒖𝒌𝑻𝒂𝒏𝒈𝒂𝒏

Begitu berharga kegiatan yang diadakan oleh SGM EKSPLOR yang sangat peduli terhadap kemajuan anak bangsa dan saya pun ikut tunjuk tangan agar dapat membantu memberikan akses edukasi dan akses nutrisi untuk seluruh anak diindonesia agar lebih maju dan memiliki masa depan yang lebih baik lagi . Saya juga sangat setuju dengan artikel di  detik.com  bahwa 9 dari 10 anak indonesia masih menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses terhadap nutrisi dan pendidikan , dan memang covid 19 ini memiliki dampak yang sangat buruk untuk banyak anak sehingga tidak mendapatkan akses edukasi dan nutrisi yang mumpuni apalagi terbatasnya waktu untuk keluar rumah dan hanya mengandalkan gadget sedangkan tidak semua anak memiliki gadget bahkan setelah diadakannya ppkm banyak penjual sayur yang terbatas untuk berjualan sehingga tidak semua ibu dapat memberikan nutrisi yang baik untuk anak karena dampak ekonomi juga yang membuat perekonomian masyarakat menengah kebawah membatasi banyak

𝘾𝙝𝙚𝙘𝙠 𝙏𝙝𝙞𝙨 𝙈𝙮 𝙍𝙚𝙫𝙞𝙚𝙬 𝘼𝙗𝙤𝙪𝙩 𝙄𝙢𝙥𝙡𝙤𝙧𝙖 𝘾𝙝𝙚𝙚𝙠 𝙖𝙣𝙙 𝙇𝙞𝙥𝙩𝙞𝙣𝙩 !!!

Hai beauties , Membuat tampilan bibir yang menawan adalah kreasi kesukaan para perempuan tanpa mengenal usia nih , siapa yang suka juga koleksi pewarna bibir yang bervariatif sepertiku ayo ? Hehe  Aku ada salah satu favorit liptint nih yang two in1 dari implora , kenalin ini Implora Cheek and Liptint . Aku punya yang no.7 Juicy Juice warnanya merah dengan sedikit mauve.  Review Implora Cheek and Liptint  Untuk aku sih Cheek and Liptint New Shades ini warna yang pas dan sesuai untuk aku pakai sehari-hari. Bisa langsung oles atau di ombre dengan lipcream yang warnanya nude . Bisa juga digunakan sebagai blush on. Nyaman digunakan dibibir setiap hari tanpa efek kering setelah penggunaan. Mudah ditemukan di marketplace dengan harga yang terjangkau. Dan ada varian warna lainnya seperti No.8 Waffle Crumble dengan warna merah gelap sedikit cokelat dan No.9 Red Velvet warna Merah burgundy dengan sedikit cokelat . Packagingnya gemoy dan praktis bisa dibawa kemanapun dan d

𝗕𝗲𝗯𝗲𝗿𝗮𝗽𝗮 𝗠𝗮𝗻𝗳𝗮𝗮𝘁 𝗦𝗮𝗹𝗺𝗼𝗻 𝗗𝗡𝗔

Hai beauty , Bagi banyak perempuan di seluruh bumi ini merawat kecantikan merupakan hal wajib apalagi dalam merawat kesehatan kulit dan sudah terjadi dari jaman dahulu loh perawatan kulit ini dari tradisional sampai modern. Kulit menjadi sebuah aset yang sangat mahal perawatannya , karena semarang tempat perawatan saling berlomba menawarkan perawatan kulit dengan beragam cara. Salah satunya perawatan kulit menggunakan Salmon DNA. [ ] DNA salmon adalah PDRN (molekul polideoksiribonukleotida) yang dihasilkan dari sperma ikan salmon. DNA Salmon mampu membantu penyembuhan luka dan mengurangi peradangan di dalam tubuh, Oleh maka dari itu banyak sekali digunakan sebagai produk kecantikan , bahkan dikenal sebagai Skin Booster DNA Salmon. Banyak artis yang melakukan treatmwnt menggunakan DNA Salmon ini agar terlihat awet muda. Berhubung perawatan menggunakan Salmon DNA sangatlah pricey jadi sekarang banyak produk kecantikan yang menawarkan produk yang mengandung Salmon DNA dengan

𝙆𝙚𝙠𝙪𝙧𝙖𝙣𝙜𝙖𝙣 𝙕𝙖𝙩 𝘽𝙚𝙨𝙞 𝙋𝙖𝙙𝙖 𝙄𝙗𝙪 𝙃𝙖𝙢𝙞𝙡

Kehamilan merupakan kabar baik untuk keluarga tentunya , apalagi untuk yang sudah sangat menantikan kehadiran buah hati , tapi tahukah moms bahwa pada kehamilan seorang ibu sangat rentan kekurangan zat besi . Kekurangan zat besi pada ibu hamil dapat membuat ibu hamil jadi sering merasa letih dan lemah sehingga mengganggu kegiatan aktivitas sehari-hari pada ibu hamil. Apalagi ibu hamil yang juga aktif bekerja sehari - hari . Zat besi merupakan salah satu kebutuhan nutrisi yang sangat penting untuk didapatkan oleh ibu hamil karena zat besi dapat membantu menyalurkan oksigen ke dalam bayi dan membantu tumbuh kembang bayi di dalam kandungan tumbuh dengan baik. Dengan tercukupinya sel darah merah dalam tubuh membuat oksigen yang masuk pun cukup dalam tubuh. Kondisi yang biasanya dialami oleh ibu hamil ketika kekurangan zat besi adalah Anemia defisiensi zat besi . Anemia defisiensi zat besi pada ibu hamil sangat beresiko melahirkan bayi dengan berat badan rendah , kelahiran prema