Muslim LifeFair Hadir Kembali Menyemangati UMKM

 

Pada hari jumat 25 Maret 2022 kemarin saya menghadiri event Muslim LifeFair 2022 yang kembali lagi Hadir menyemangati para UMKM produk halal dan pelaku ekonomi syariah yang diinisiasi oleh Lima Events yang berkolaborasi dengan Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) yang akan berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 25-27 Maret 2022 di Istora Gelora Bung Karno,Senayan Jakarta.

Muslim LifeFair 2022 merupakan bagian dari satu rangkaian event puncak menuju Indonesia Muslim Life Fest yang akan digelar pada bulan Agustus 2022 di Jakarta Convention Center Senayan , jakarta.
Di event ini pengunjung sangatlah ramai , banyak sekali stand yang membuat saya penasaran.
Saya juga baru tahu bila sebelumnya , Indonesia Muslim Life Fest sudah sukses menarik hingga 60ribu pengunjung pada perhelatan pertamanya di bulan Agustus 2019 di Jakarta Convention Center.
IMG_20220325_214222_821.jpg
Foto pribadi
Pada event perdana Muslim LifeFair 2022 kali ini ditargetkan dapat membukukan transaksi sekitar 50 miliar atau sepertiganya dari transaksi Muslim Life Fest 2019.
Muslim LifeFair ini disponsori oleh Bank Hijra dan menghadirkan sekitar 195 ekshibitor pelaku UMKM produk halal dan ekonomi syariah di Indonesia dari berbagai sektor,mulai dari fashion muslim ,Islamic education,hobbies and communities, Islamic book, and publisher, halal travel,kuliner halal aman dan sehat , beauty and pharmaceutical hingga thibbun nabawi herbal.
Menurut saya dengan adanya event ini sangat membantu para UMKM setelah melalui masa pandemi dengan perekonomian yang sulit.
Yang saya lihat sekarang sudah semakin berkembang tren gaya hidup di masa pandemi.
Meskipun kemarin melalui pandemi yang banyak menghabiskan waktu di rumah saja , ternyata tidak menghambat trend gaya hidup terutama fashion.
Saya sendiri juga mengikuti sekali trend fashion dan hadir di Muslim LifeFair untuk lebih tau lagi mengenai fashion muslim terkini
Sehingga untuk kalian yang mau mencari tren fashion muslim kekinian bisa cari standnya di Muslim LifeFair.
Banyak pilihan fashion muslim untuk pria dan wanita bahkan untuk anak.
Yang menarik didalam juga ada beberapa stand yang menjual buku-buku yang sangat menarik.
Saya sangat senang bisa menghadiri Muslim LifeFair ini , menjadi pengalaman dan memberikan kesegaran setelah sekian lama melalui pandemi dan merasakan lagi event seru seperti saat ini.
IMG_20220325_214223_277.jpg
foto pribadi
Tidak hanya saya yang sangat bersemangat hadir di Muslim LifeFair namun pameran ini juga memberikan semangat dan gairah bagi para UMKM untuk menampilkan masing-masing produk halal terbaik mereka.
Dari awal masuk atmosfernya sudah membuat saya bangga karena para UMKM sangat bersemangat mengenalkan usaha mereka.
Sekarang juga semakin banyak muslimah yang mencari inspirasi pakaian muslimah,Pelangi Hijab menjadi salah satu stand di Muslim LifeFair yang terletak di Lantai 1 yang bisa kalian kunjungi dan akan memberikan beragam inspirasi pakaian muslimah karena disana ada beragam pilihan seperti gamis,jilbab,khimar,bergo sehingga dapat membantu dalam memberikan jawaban untuk kebutuhan para muslimah dalam berpakaian syar'i.
Saya juga sampai kebingungan mau pilih fashion yang mana untuk dibeli,karena begitu banyak pilihannya.
Untuk para pengunjung yang membutuhkan informasi untuk haji atau akan berencana umrah atau haji , kalian bisa langsung datang ke stand Al Mutazam Travel yang merupakan Brand bisnis tour dan travel yang sudah mendapatkan ijin resmi dari kementrian Agama dan berdiri sejak 1999 yang akan mewujudkan keinginan para calon jamaah untuk pergi ke tanah suci dengan harga yang bersahabat.
IMG_20220325_214223_223.jpg
foto pribadi
Muslim LifeFair juga menyediakan beragam stand kuliner dengan mengusung konsep menu ala Timur Tengah seperti salah satunya Ajwad resto yang menyediakan beragam menu halal terbaik untuk memanjakan perut para pengunjung yang menyantapnya , jadi tidak perlu khawatir bila merasa lapar ketika sedang berkeliling di Muslim LifeFair.
Disediakan banyak meja dan kursi makan untuk para pengunjung yang hadir,sehingga tidak hanya untuk makan saja tetapi ketika sudah kelelahan berkeliling bisa juga untuk duduk santai.
Untuk para pecinta tanaman hias kalian bisa mengunjungi KaktusQulucu atau tanamart, bahkan dilantai dua disediakan beberapa stand kopi untuk sekedar ngopi juga ada produk kreatif home decor seperti Putu Art Shop,Rumah Kayu Klasik,SeniKoe dan stand Marketplace Muslim LifeFair.
"Muslim LifeFair 2022 tidak hanya sekedar ajang pameran. Kami berharap semoga Muslim LifeFair juga dapat menjadi momentum bagi para pelaku UMKM untuk menggairahkan produk halal terbaiknya pada masyarakat indonesia" tutur Ketua KPMI Rachmat Sutarnas Marpaung.
Muslim LifeFair 2022 juga menyuguhkan berbagai pesantren dan sekolah islam , beberapa diantaranya ada Binna IBS Bekasi, BQ Islamic Boarding School, Mahad Aisyah Binti Abu Bakar dan Pesantren Al Andalus.
Untuk yang memiliki rencana anak masuk pesantren saya sangat rekomendasikan untuk menghadiri Muslim LifeFair ini.
Adanya beragam rangkaian acara menarik di Muslim LifeFair menjadi rekomendasi acara yang tepat untuk dihadiri bagi kaum muslim dan pegiat produk halal sebelum Ramadan tiba.
Info untuk kalian yang akan hadir harga tiket masuk Muslim LifeFair 2022 pun sangat affordable dikantong nih karena dibanderol hanya Rp20ribu perorang.
Namun Sponsor utama Muslim LifeFair 2022, Hijra Bank siap memberikan tiket gratis kepada pengunjung yang terbatas untuk menghadiri pameran ini,  semoga #KitaBersama bisa membangkitkan semangat UMKM khususnya para pelaku usaha muslim untuk terus tumbuh dan berkembang.
foto pribadi
Dalam kesempatan hadir di Muslim LifeFair saya juga menyimak press release Launching LBS urun Dana.
Ternyata Adanya pertumbuhan kontribusi layanan urun dana di indonesia juga tidak lepas dari adanya dorongan permodalan UKM dari LBS.
Berdasarkan keterangan dari ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, sepanjang tahun 2021 Layanan urun dana berbasis Teknologi informasi atau equity/securities crowdfunding (SCF) berhasil menghimpun dana sebesar Rp412miliar.
Angka ini naik lebih dari dua kali lipatnya atau 115,48 persen dibandingkan akhir desember 2020 sebesar Rp 191,2 miliar.
Selain itu dengan adanya total penerbit yang ikut berpartisipasi juga bertambah.
Asosiasi layanan Urun dana Indonesia (ALUDI) mencatat bahwa jumlah penerbit meningkat dari sekitar 129 penerbit pada 2020 menjadi 192 penerbit pada 2021.
Dengan  terjadinya tren positif tersebut, Aludi optimis bahwa para pelaku platform urun dana dapat menyalurkan dana lebih dari Rp500 miliar sepanjang tahun 2022 dengan total pendanaan mencapai Rp1 triliun.
Terlebih , Wimboh juga menegaskan bahwa urun dana atau crowdfunding menjadi prioritas OJK pada tahu 2022.
Namun ternyata meski potensinya lumayan begitu besar , sangat disayangkan jumlah layanan urun dana yang mengusung konsep halal diindonesia masih minim padahal negara kita merupakan mayoritas penduduk muslim terbesar didunia, konsep urun dana ini dengan cara yang halal dan tanpa riba sangat dibutuhkan diindonesia.
Oleh karena itu , demi menyambut gairah layanan urun dana yang sedang bertumbuh sekaligus memenuhi kebutuhan para pelaku UKM untuk  bisa mengakses permodalan dengan cara yang terjamin kehalalannya.
LBS Urun Dana hadir mengusung tema "Investasi Yang Bikin Nyaman"
Pemodal tidak perlu khawatir berinvestasi melalu LBS Urun Dana karena layanan ini memiliki 3 faktor nyaman , yakni telah terdaftar dan diawasi oleh OJK yang didukung oleh tenaga profesional dibidangnya , serta langsung dibimbing,dibina dan diawasi secara ketat oleh Ustadz DR. Erwandi Tarmizi, M.A yang juga beliau merupakan founder LBS Urun Dana sekaligus Ketua Dewan Komite Persetujuan Penerbit sehingga pasti lebih terjamin kehalalannya.
foto pribadi
CEO  dan Co-Founder PT. LBS Urun Dana Rezza Zulkasi,MA menuturkan " Berbeda dengan layanan urun dana pada umumnya , LBS Urun Dana mendukung gaya hidup halal yang sedang menjadi tren pada masyarakat indonesia, dengan mengusung prinsip dan kaidah islam,LBS Urun Dana siap menjadi solusi bagi kaum muslimin untuk dapat mengembangkan harta yang dimiliki dengan cara yang 100% halal,tanpa riba, Ghoror dan Dzalim."
LBS urun Dana berpartisipasi juga menjadi salah satu peserta di gelaran pameran produk halal Muslim LifeFair yang berperan dalam mengedukasi kepada masyarakat tentang pentingnya Securities Crowdfunding yang mengusung konsep halal dalam pengumpulan dana demi mencapai keberkahan dunia dan akhirat.
Berbagai kegiatan menarik akan diadakan di Muslim LifeFair 2022 , LBS Urun Dana selain menyelenggarakan press release launching juga akan mengadakan talkshow yang diisi oleh Ustadz DR Erwandi Tamizi,MA Hafidhohullahuta'ala, konsultasi bisnis bagi calon penerbit serta konsultasi investment planning kepada calon pemodal.
Info menariknya bagi UKM yang membutuhkan modal , Rezza Zulkasi menjelaskan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.
Selain omset minimal Rp 1 Miliar/tahun secara historis,bisnis juga harus sudah berjalan minimal 1-2 tahun dan memiliki minimal 3 outlet di seluruh Indonesia untuk bisnis offline.
Syarat lainnya adalah UMKM wajib memiliki pencatatan laporan keuangan yang memenuhi standart akuntasi umum,karakter founder/Owner bisnis yang kuat dan berpengalaman di bidangnya serta memiliki landasan project berupa kontrak , invoice/PO dari pemerintah/BUMN/BUMD/Korpirasi untuk skema obligasi/sukuk.
Sementara bagi usaha yang memiliki tren sales dan kinerja meningkat di masa pandemi Covid-19 akan menjadi nilai tambah.
Untuk pelaku usaha yang ingin mendapatkan permodalan pertama caranya cukup mudah , daftar dan membuka akun di platform www.LBS.id.
Kembali lagi ke Muslim LifeFair , pengunjung semakin bertambah dan semakin ramai disini tetap mematuhi protokol kesehatan,sehingga tidak perlu ragu untuk hadir megunjungi Muslim LifeFair.
Tidak hanya ingin berbagi pengalam saya sendiri dan memberikan informasi tapi saya juga ingin kalian untuk hadir dan merasakan atmosfer di Muslim LifeFair.

Komentar