Kolaborasi Ayo Tunjuk Tangan untuk mendukung anak indonesia menjadi generasi maju


Senang sekali dapat ikut serta kembali di siaran pers pada tanggal 9 desember 2021 lalu yang pasti masih dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan Bersama SGM Eksplor untuk mendukung anak indonesia menjadi generasi maju dengan memaksimalkan Akses Nutrisi dan Pendidikan Generasi Maju di 41 kabupaten/kota di indonesia.

Anak - anak merupakan harapan bangsa yang perlu dipersiapkan sejak dini .
Salah satu kunci agar anak indonesia menjadi generasi maju adalah dengan memastikan akses nutrisi dan edukasi terpenuhi dengan baik.
Namun hingga saat ini 9 dari 10 anak indonesia masih menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses nutrisi yang optimal, oleh karena itu di tahun 2021 ini sebagai upaya untuk mendukung akses kemajuan anak indonesia danone indonesia melalui SGM Eksplor melakukan rangkaian inisiatif kolaboratif melalui gerakan sosial dengan hashtag #AyoTunjukTangan .
Ini adalah gerakan sosial yang telah berhasil menyalurkan berbagai dukungan akses pendidikan dan juga nutrisi anak diatas 1 tahun bagi anak-anak indonesia yang membutuhkan di 41 kabupaten/kota dan 14 provinsi diindonesia.

Dalam pembukaan pertama ada sambutan hangat dari Ibu Vera galuh sugianto selaku Vice President General secretary danone yang menyatakan "bahwa keterlibatan di danone tentu sesuai dengan visi kami bahwa setiap langkah yang kita lakukan dan setiap kegiatan itu harus bisa membawa dampak positif baik untuk kesehatan manusia maupun juga kesehatan lingkungan kita"
Danone mewakili specialist nutrition ingin terus berkontribusi menginisiasi program-program keberlanjutan diseluruh indonesia untuk mendukung nutrisi dan hidrasi yang sehat tetapi juga untuk bisa berkontribusi memberikan akses kemajuan pendidikan indonesia .
Ketika membicarakan harapan bangsa , pasti bicaranya harapan anak-anak , bagaimana anak-anak bisa sehat dan siap menghadapi masa depan , salah satu kuncinya adalah nutrisi dan edukasi namun memang kondisi masih mengkhawatirkan mengingat 9 dari 10 anak diindonesia masih menghadapi tantangan terhadap akses nutrisi dan edukasi di masa pandemi saat ini.
Terhadap akses nutrisi dan edukasi di masa pandemi saat ini , beban ini tidak hanya terasa oleh anak-anak tapi juga oleh tenaga pendidik  dan orang tua sehingga semakin banyak pihak - pihak yang terlibat secara sosial dan kolektif tentu bisa masalah ini ditangani lebih cepat.

Melalui SGM Eksplor kami menginisiasi ditahun 2021 ini gerakan sosial #AyoTunjukTangan dimana gerakan ini benar-benar ingin mengajak semakin banyak lapisan masyarakat untuk berkolaborasi ikut tunjuk tangan , ikut aktif berkontribusi untuk mendukung pemenuhan akses nutrisi dan edukasi anak indonesia supaya sama-sama bisa menjaga optimal tumbuh kembang anak menjadi generasi penerus untuk menjadi juga tenaga penguat bangsa indonesia.
Terima kasih para mitra , telkomsel dan cakap juga mitra-mitra yang lain yang sudah bahu membahu membawa gerakan sosial Ayo tunjuk tangan ini menjadi sesuatu yang bermakna menjadi sesuatu yang melekat dibanyak bunda indonesia dan juga masyarakat indonesia.
Support yang sudah dilakukan meliputi 41 kabupaten/kota diindonesia baik untuk pendistribusian modul belajar maupun juga paket pendidikan daring , merehabilitasi 10 kabupaten/kota sekolah sd , beasiswa kepada 800 siswa sd paket nutrisi pertumbuhan untuk anak usia 3 tahun keatas diberbagai kota indonesia.
Harapannya inisiatif ini tidak berhenti disini , kolaborasi ini bisa menginspirasi lagi lebih banyak pihak mitra untuk sama-sama bahu-membahu memperkuat akses nutrisi dan edukasi untuk anak indonesia terus bisa saling berbagi dengan para mitra agar kita bisa mendapatkan ide-ide baru bagaimana kita bisa berkontribusi lebih nyata dan lebih cepat untuk fondasi kemajuan bangsa indonesia melalui anak-anak.

Lalu ada Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini,Pendidikan Dasar dan pendidikan Menengah , kementrian pendidikan , kebudayaan , riset , dan teknologi republik indonesia (Kemendikbudristek) , Jumeri, S. TP. M. Si yang menyampaikan  gerakan sosial untuk mendukung Merdeka Belajar , pada kesempatan ini ingin memberikan apresiasi kepada danone indonesia yang telah menunjukkan kontribusi nyata dalam upaya mencerdaskan kehidupan anak-anak bangsa.
Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan wajib , kalimat yang bermakna tugas yang harus dilakukan terus menerus selama eksistensi negara kesatuan Republik Indonesia masih hidup.
Dengan demikian upaya mencerdaskan kehidupan bangsa tidak akan berhenti 1 atau 2 periode pemerintahan akan  berlangsung terus menerus.
Dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional tahun 2020 hingga 2024 pemerintah berupaya mewujudkan dari alinea UUD 45 yaitu dengan meningkatkan pembangunan untuk meningkatkan SDM  yang berkualitas dan berdaya saing.
Agenda pembangunan tersebut diiringi dengan penetapan arah kebijakan pendidikan pada peningkatan pemerataan layanan pendidikan berkualitas dengan 5 strategi :
1) Peningkatan kualitas pengajaran dan pembelajaran
2) Peningkatan pemerataan akses belajar ,akses pendidikan disemua jenjang dan percepatan pelaksanaan wajib belajar 12 tahun
3) Peningkatan profesionalisme kualitas pengelolaan dan penetapan dan tenaga pendidik yang merata diseluruh tanah air
4) Penguatan penjaminan mutu pendidikan untuk meningkatkan pemerataan kualitas layanan antar satuan pendidikan dan antar wilayah
5) Peningkatan tata kelola pembangunan yang semakin efektif dalam penggunaan anggaran

Beliau juga menyampaikan dalam agenda rencana pembangunan  jangka menengah 2022 - 2024 , kemendikbud menyambutnya dengan meluncurkan program merdeka belajar yang menjadi gerakan merdeka belajar yaitu cita-cita menghadirkan pendidikan bermutu tinggi bagi semua rakyat indonesia, yang dicirikan oleh 3 hal :
1) Angka partisipasi yang tinggi pada seluruh jenjang pendidikan
2) Hasil Pembelajaran yang berkualitas
3) Mutu pendidikan yang merata baik secara geografis antar daerah maupun dari status sosial ekonominya , baik dari kalangan mampu atau tidak mampu tetap akan mendapatkan akses pendidikan yang bermutu.

Merdeka belajar berupaya merangkul semua kepentingan keluarga,pendidik,dan tenaga kependidikan , lembaga pendidikan , industri dan pemberi kerja seperti danone indonesia.
Serta masyarakat untuk menghela semua potensi bangsa mengsukseskan pendidikan dan kebudayaan yang bermutu tinggi bagi seluruh rakyat indonesia , pendidikan ditingkat jenjang PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) , Pendidikan dasar dan Pendidikan menengah , merdeka belajar memberikan inspirasi terhadap cita-cita melahirkan pelajar pancasila yaitu profil pelajar indonesia yang memiliki karakter 3 in 1 bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Mempunyai karakter yang kreatif , mandiri, bernalar kritis dan berakhlak mulia yang mampu bergotong royong serta KEMENDIKBUD respect mengaprediasi praktek baik kemitraan dengan grup danone indonesia dalam gerakan #AyoTunjukTangan untuk mendukung akses pendidikan anak indonesia.
Bentuk kerjasama ini , bentuk kemitraan ini antara lain keberlanjutan dukungan percetakan dan pendistribusian sejumlah :
1) Lebih dari 43ribu example modul pembelajaran jarak jauh tingkat sd untuk beberapa kabupaten kota diwilayah tkp.
2) Dukungan 1500 paket pendidikan daring berupa gawai , kuota internet untuk belajar dan program belajar bagi 50 sekolah dasar di 25 kabupaten kota untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.
3) Rehabilitasi 10 bangunan gedung sekolah dasar sebagai bentuk kontribusi Danone indonesia untuk persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka agar anak indonesia punya fasilitas dan lingkungan belajar yang layak untuk pendidikannya.
4) Pemberian Beasiswa pada 80 siswa sd di 8 kabupaten/kota diindonesia untuk memotivasi minat belajar para siswa
5) Dukungan 25ribu paket nutrisi pertumbuhan untuk usia 3 tahun keatas di 6 kabupaten/kota untuk mendukung kecukupan nutrisi
6) Dukungan 40ribu paket nutrisi pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun keatas yang diberikan kepada pemerintah kabupaten kota sumedang diprovinsi jawa barat
7) Dukungan 10ribu paket nutrisi paket pertumbuhan anak usia 1 tahun keatas yang diberikan kepada pemerintah daerah Kupang dan Flores di Nusa Tenggara Timur .


Dewasa ini kita sedang mendorong berbagai pihak untuk melakukan percepatan penyelenggaraan PTM  agar kedepannya bukan hanya PTM Terbatas tapi juga PTM Penuh.
Sebagai salah satu upaya mengurangi dampak penurunan hasil belajar atau ketertinggalan anak-anak indonesia akibat pandemi yang berkepanjangan.
Pandemi covid 19 juga mengakibatkan ancaman putus sekolah , pernikahan dini , kekerasan anak dalam rumah tangga dan penurunan daya saing anak-anak.
Saat ini jumlah peserta didik paud menurun.
Dimasa pandemi covid 19 ini juga kita harus lebih memperhatikan kesehatan anak dengan melakukan protokol kesehatan gerakan 5M dan untuk mengatasi kejenuhan kita dapat berolah raga lalu disambil mencukupi asupan nutrisi tubuh yang dapat meningkatkan energi , meningkatkan kinerja , meningkatkan mood dan mencegah penyakit.


Hadir juga Marketing Manager SGM Eksplor , mba Astrid prasetyo yang mengutarakan bahwa #AyoTunjukTangan merupakan bagian dari misi SGM Eksplor yang percaya bahwa anak indonesia berhak untuk maju , oleh sebab itu kami tergerak untuk bisa membantu semua anak indonesia untuk maju namun kami pun tidak bisa sendiri karena begitu banyak anak-anak diindonesia yang perlu didukung , maka dari itu kami bergandengan tangan dengan paramitra dari Telkomsel , Cakap juga rekan mitra lainnya untuk bersama-sama mendukung kemajuan anak indonesia.
Mba astrid juga mengucapkan terima kasih pada semua mitra perwakilan dari tim SGM Eksplor dan DANONE indonesia kami berharap dukungan tersebut dapat membantu kemajuan mereka semua .


General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel , Andry P santoso menyampaikan Alasan Telkomsel ikut mendukung gerakan #AyoTunjukTangan
Bahwa Telkomsel adalah sebuah perusahaan telekomunikasi digital yang terdepan diindonesia dan kita berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan SDN dan komunitas digital talent untuk dimasa depan  bagi teman-teman di indonesia.
Karena sesuai dengan salah satu pilar dari telkomsel tentang pendidikan  jadi ada beberapa hal yang dicoba buat program terkait pendidikan salah satunya indonesia next dan ini merupakan salah satu program yang pertama kali berkolaborasi dengan kooperasi yang lain dalam hal ini Danone .
#AyoTunjukTangan kita anggap satu program yang sangat tepat dengan komitmen Telkomsel untuk mendukung upaya proses belajar apalagi kondisi pandemi segalanya harus online atau daring.
Dan komitmen dari Telkomsel untuk terus mendukung program #AyoTunjukTangan karena sebenarnya bila dibicarakan secara general Telkomsel mempunyai komitmen untuk mendukung program yang telah disampaikan oleh Pak Jumeri bahwa kita punya program namanya Merdeka belajar jarak jauh , sehinga telkomsel sudah menyiapkan untuk turut berperan membantu meringankan proses belajar daring ini dengan memberikan paket-paket kuota belajar yang sangat ringan bagi dunia pendidikan indonesia .

Development Manager Cakap ,mba Siti Messyana Putri menyampaikan
Sejak CAKAP berdiri dari tahun 2015 CAKAP memiliki visi landasan yang diyakini bahwa peningkatan kualitas pendidikan yang merata diharapkan dapat mendorong pendidikan indonesia bisa maju.
Oleh karena itu sebagai start up yang bergerak dalam bidang teknologi  tentunya CAKAP menyambut kerja sama dengan SGM Eksplor dan Telkomsel untuk memberikan dukungan akses pendidikan melalui gerakan sosial #AyoTunjukTangan yang nantinya diharapkan dapat mendukung pemerintah dalam mengoptimalkan proses belajar dirumah untuk anak indonesia terutama selama masa pandemi ini agar bisa berjalan dengan lebih maksimal mendukung anak indonesia untuk terus mengembangkan potensi dan prestasi mereka.
Cakap juga menawarkan solusi pembelajaran secara online dan selama pandemi covid 19 melanda di indonesia Cakap secara aktif menggandeng berbagai pemangku kepentingan mulai dari pelaku usaha , organisasi ,dan pemerintah untuk mengurangi dampak negatif dari pandemi agar tetap produktif selama dirumah , diantaranya adalah Cakqp menyediakan akses belajar bahasa inggris secara gratis untuk belajar di seluruh indonesia , melalui program Cakap Goes To School , dalam kegiatan ini yang telah diikuti berbagai sekolah dari berbagai daerah seperti Mataram , Nusa Tenggara Barat hingga Pekalongan Jawa Tengah.
Cakap berharap dapat terus menerus memberikan manfaat untuk para pelajar sebagai platform edukasi yang berfokus pada pembelajaran 2 arah .

Kembali lagi ke Pak Andry P santoso yang menyampaikan bahwa memang pandemi ini membuat perubahan perilaku sehingga menjadi tantangan untuk Telkomsel lebih memastikan lagi Jaringan terkoneksi dengan baik sehingga semuanya bisa lancar sebagaimana  peran Telkomsel yang berkomitmen untuk memberikan satu kemudahan proses belajar disaat daring ini bahwa Telkomsel memiliki produk Merdeka Belajar Jarak Jauh yang menjadi salah satu solusi bagi dunia pendidikan khususnya buat anak sekolah , mahasiswa yang dengan kebiasaan baru mereka yang harus serba melalui online dan mereka mendapatkan kemudahan Paket Kuota Digital yang sangat memadai dan murah .


Berikut penyampaian dari mba Daisy Indira Yasmine, S.Sos.,M.Sic.Sci Universitas indonesia bahwa sangat penting keterlibatan publik untuk dukung Anak Indonesia Maju.


Ada beberapa komponen penting dalam pembangunan keberlanjutan yaitu Kebutuhan masyarakat indonesia akan kesehatan anak agar anak yang sehat dan produktif menjadi generasi penerus bangsa.

Ini merupakan gambaran dari Tantangan membangun generasi penerus bangsa yang sehat dan produktif yaitu :
1) Ketidaksetaraan Terhadap Komponen Hidup Sehat
2) Kurangnya Keterlubatan Publik terhadap Peningkatan Kesehatan dan Nutrisi anak
Adanya dukungan dari beragam pihak serta kokunitas tentu penting untuk mendoring perubahan yang lebih baik.

Keterlibatan publik bisa beragam bentuk sesuai kebutuhan seperti contoh gambar dibawah ini ada kerja bakti , relawan dan aksi kolektif digital.

Alasan dari mengapa kita harus terlibat tentu karena sebagai masyarakat kita merupakan aktor utama yang sangat penting dalam pembangunan yang tentunya berkontribusi pada adanya kualitas hidup yang akan lebih baik untuk masa depan.


Berikut ini keuntungan apa saja yang akan didapat bila kita terlibat dalam satu tujuan yaitu masa depan yang lebih baik agar anak sehat dan produktif menjadi Generasi Maju

Telkomsel bersama dengan Danone, SGM Eksplor dan CAKAP pada program #AyoTunjukTangan yang sudah dijalankan memberikan donasi beasiswa paket online for free untuk 1500 pelajar yang ada di 50 sekolah dasar di 5 provinsi dan diharapkan bisa mendorong anak indonesia untuk terus berkembang karena dengan adanya kerjasama seperti dari CAKAP  ada program belajar bahasa inggris dan dari Telkomsel memberikan satu layanan koneksi yang harus terjaga untuk tetap terjamin akan proses belajar daring .

Tentu dengan adanya Kolaborasi Ayo Tunjuk Tangan untuk mendukung anak indonesia menjadi generasi maju , gerakan sosial ini sangat membantu para bunda dan anak-anak diseluruh indonesia untuk mendapatkan akses edukasi dan akses nutrisi yang memadai dan hak anak indonesia untuk mendapatkan edukasi serta nutrisi yang baik menjadi nyata adanya .
Bunda aku juga sudah ikut mendukung gerakan sosial #AyoTunjukTangan dengan ikut berdonasi dan Bunda  ikut juga yuk berpartisipasi #AyoTunjukTangan dengan klik link ini ya www.generasimaju.co.id/ayo-tunjuk-tangan

#AyoTunjukTangan #GenerasiMaju #SGMEksplor

Komentar

  1. Makasih infonya mom, keren banget programnya

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. #AyoTunjuk Tangan programnya bagus banget mom, udah bikin ibu berdaya & bisa menebarkan manfaat lewat donasi

    BalasHapus
  4. Saya jg ud ikutan aksi tunjuk tngn dan ngajak tmn sekitar tuk ikutan jg loh

    BalasHapus
  5. Bagus banget programnya mom, mitranya juga keren keren. Aku lgsg ikutan partisipasi..

    BalasHapus
  6. Bagus dan keren banget mom program nya :)
    Jadi penasaran pengen ikutan juga deh hehee

    BalasHapus
  7. Wah keren banget nih, makasih banyak ya mam infonya :)

    BalasHapus
  8. Program2 dari SGM selalu kereen.. semoga setiap tahun nya selalu ada program bagus untuk anak anak Indonesia ya

    BalasHapus
  9. Wah insighfull banget event ini mari tunjuk tangan untuk kebaikan Indonesia

    BalasHapus
  10. Keren banged ya mam programnya

    BalasHapus
  11. Aku sudah tunjuk tangan ☝

    BalasHapus
  12. Beruntung banget ya, kita bisa terlibat dalam gerakan sebagus ini, sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak Indonesia.

    BalasHapus
  13. Keren banget programnya 👍 Aku sudah ikutan Ayo Tunjuk Tangan juga dong.

    BalasHapus
  14. Wah keren ya bun aksi tunjuk tangan

    BalasHapus
  15. Wahh seru bgt ya acaranya bund

    BalasHapus
  16. Keren yaa.. Kita harus tunjuj tangan nih mulai skrg...

    BalasHapus
  17. Wah keren banget mom

    BalasHapus
  18. Baru tahu Gerakan Tunjuk Tangan dari SGM memiliki dampak positif yang begitu besar. Ditambah kerjasama yang ada diapresisi dengan begitu baik. Semoga pendidikan Indonesia semkain baik. Seluruh anak dapat menikmati tanpa ada kendala abcd.

    BalasHapus
  19. Bagus ya Gerakan Ayo Tunjuk Tangan SGM dapat mendukung anak-anak Indonesia menjadi generasi maju.

    BalasHapus
  20. Gerakan yang bagus untuk kemajuan bangsa. Apalagi di tengah pandemi yang belum juga usai ya mom. Apalagi ditambah telkomsel yang punga jaringan luas ini ikut berperan. Keren!

    BalasHapus
  21. Aku juga sudah jadi bagian dari geralan ayo tunjuk tangan dong. Program ini haruslah disupport dari semua pihak agar berjalan sesuai rencana pastinya

    BalasHapus
  22. masya Allah keren banget nih SGM bisa collabs sama telkomsel dan cakap. semoga SGM bisa menjangkau seluruh anak Indonesia. biar semua menjadi generasi maju. aamiin

    BalasHapus
  23. Gila sih.. dari dulu emang SGM Numero Uno .. ga pernah lekang oleh waktu. Dari jaman aku kecil sampe skrg.. ga heran deh SGM jadi andalan para mama di Indonesia buat mendukung tumbuh kembang anak²

    BalasHapus
  24. Kerenn bangedd gerakannya SGM, pgn banged ikutan webinarnya, mksihh udh d kasih info ny

    BalasHapus
  25. Wahhh terimakasih ya infonya...🙏

    BalasHapus

Posting Komentar