5 REKOMENDASI KADO UNTUK BAYI BARU LAHIR ANTI MAINSTREAM

Pentingnya memastikan tumbuh kembang anak sesuai tahapan usianya di masa new normal

Halo mams paps ada kabar baik nih Wyeth Nutrition hadirkan S-26 Procal Nutrissentials rasa Madu dengan nutrisi penting untuk dukung tumbuh kembang si Kecil sebagai salah satu Fondasi Belajarnya , wah jadi penasaran ya pengen buru - buru coba rasa barunya untuk si kecil .
By the way disini aku akan sharing tentang acara youtube livenya dari wyeth yang seru banget yaitu #CaraPintarMom Talk & Play yang akan membahas "Pastikan Tumbuh Kembang Si Kecil Sesuai Milestone di Masa New Normal"
Senangnya disini menghadirkan expert talk yang sangat menarik untuk disimak perbincangannya ada
psikolog klinis yaitu mba Pritta Tyas Mangestuti M . Psi., dan dokter spesialis anak 
Dr.dr.Bernie E . Medise,SP.A(K),MPH .
Pembukaan dimulai oleh host Inga Laurina dengan menyapa yang hadir semuanya di youtube live .
Ngobrolin tentang si kecil sudah pasti ga akan ada habisnya , apalagi bila yang dibicarakan mengenai Milestone si kecil di masa pandemi saat ini .
Aku jadi tau juga nih sama brand manager S 26 procal 
yaitu Vera Niki Gozali ternyata masih muda banget .
Nah yang paling ditunggu-tunggu sesi mengobrol bareng mba pritta , disini mba pritta membahas mengenai tantangan dimasa pandemi yang dihadapi oleh para mams untuk mendukung tumbuh kembang si kecil , ternyata dari banyak penelitian yang dialami oleh para orang tua diseluruh dunia ada 2 cara nih yang harus diterapkan agar dapat menghadapi tantangan di masa pandemi yaitu :
1) Mengelola Energi
Karena ketika anak - anak dirumah saja otomatis orang tua lah yang menyediakan segala kebutuhan si kecil
2) Mengelola Waktu
Banyak mams pintar yang multitasking termasuk aku apalagi dengan anak 3 ya super riweuh kesehariannya .
Ada beberapa journal yang mengatakan multitasking sangat menghabiskan energi , membuat kelelahan dan dapat menurunkan IQ kita nih mams kalau terlalu sering multitasking .
Prioritas Tumbuh Kembang
Bagaimana Caranya mengelola tantangan orang tua selama masa pandemi ini ?
1) Pastikan ketika mengerjakan sesuatu keseharian anak ,usahakan kita tidak sambil multitasking , pastikan melakukan block time , misalnya setiap pagi hari jam 07.00 - 07.30 di 30 menit ini full waktu yang diberikan kepada si kecil dan kita benar - benar mengamati apa yang disenangi anak , fokus melihat mata anak , melakukan sentuhan fisik dan jauhkan gadget dari sisi kita nih .
Selama 30 menit ini betul - betul mengamati apa sebenarnya yang ingin dilakukan si kecil bareng kita supaya terjalin koneksi .
Pastikan kita selalu mempunyai special time bersama anak .
2) Perlu meluangkan waktu , tidak perlu lama - lama tetapi secara konsisten untuk bisa mempelajari tumbuh kembang si kecil terutama milestone , misalnya
1) Sudah berapa kosa kata yang harusnya sudah bisa diucapkan oleh anak pada usia 2 tahun
2) Luangkan waktu untuk mempelajari aktivitas apa sih yang sedang anak kita senang lakukan ? Contohnya bila kita mengamati ketika anak sudah diberikan cat air dan kertas gambar dia bisa senang sekali sampai dapat melukis lebih dari 30 menit , nah ini harus dicatat supaya kita bisa menentukan aktivitas si kecil dihari berikutnya , dengan pengamatan yang tajam sebagai orang tua kita jadi dapat menyediakan media dengan beraneka ragam sehingga bakat atau minat si kecil bisa lebih terasah atau terstimulasi dan yang tidak kalah pentingnya mams pintar harus menyampaikan rutinitas anak dan melibatkan si kecil untuk membantu rutinitas kita .
Misalnya ketika diwaktu kita bekerja dirumah jangan lupa beri peran pada si kecil dan libatkan si kecil untuk membantu kita , seperti meminta si kecil untuk membantu mengelap meja , menyapu lantai sehingga si kecil pastinya jadi ikut senang , hal ini merupakan stimulasi yang dapat melatih motorik si kecil , ini beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk membantu mengatasi tantangan di pandemi ini .
Bagaimana nih stimulasi tumbuh kembang si kecil ? Apa yang harus saya lakukan untuk bisa menciptakan lingkungan yang kondusif untuk tumbuh kembang si kecil ?
Kita perlu untuk bisa meluangkan waktu untuk mengamati milestone si kecil .
Peran kita sebagai mam ini sangat luar biasa sekali di masa pandemi apalagi dengan segala rutinitas kesibukan seperti para mams yang disambil work from home .
Peran mams untuk bisa menstimulasi dan menciptakan lingkungan yang kondusif adalah
1) membangun hubungan yang responsif
- Responsifnes ke si kecil adalah ketika kita bisa peka tentang apa sih yang jadi kebutuhan dan minat anak
- Kita bisa mendengar anak dengan empati , pendapat si kecil , atau misalnya anak suka bercerita , nah disini waktu yang tepat kita menjadi pendengar yang baik dan hargai pendapat si kecil
- Menghargai kemampuan si kecil
Mams pasti bangga banget kan dengan si kecil karena tiap hari ada saja skill atau keterampilan si kecil yang membuat kita bangga nah disini saatnya kita memberikan apresiasi pada sikecil .
Walaupunn ini hal yang biasa , namun ketika kita responsif pada sikecil dan sikecil merasakannya , ini bisa menstimulasi otak anak .
Sel otaknya itu jadi nyambung , sambungan sel - sel ini lah yang akan menjadi fondasi untuk bisa belajar calistung , bersosialisasi , motorik kasar , motorik halus .
Hubungan yang kuat antara mams dan si kecil
2) Stabilitas
Stabilitas dalam keluarga bisa ditandai ketika mams dan paps bisa tetap tenang ketika dalam situasi stres dan membuat aturan pun jangan diganti - ganti sehingga dalam keseharian si kecil kestabilannya tidak terganggu
3) Paps harus terlibat dalam pengasuhan dan stimulasi , tumbuh kembang si kecil
Aku setuju banget sih ini karena si kecil butuh untuk didampingi tidak hanya oleh mams saja tapi peran paps juga sangat penting loh !

Stimulasi tepat sesuai tahapan usia
1) kita harus tahu milestonenya
2) Mengamati si kecil sedang dalam periode sensitif apa?
Periode sensitif adalah ketika sikecil tidak membutuhkan usaha keras atau waktu untuk bisa menguasai suatu skill atau keterampilan , misalnya si kecil sedang suka ngoceh , ngomong dan nyanyi nah jangan - jangan si kecil sedang dalam periode sensitif bahasa maka stimulasi yang dapat kita berikan adalah mengenalkan lagu .

Bagian yang dinanti - nanti juga nih bahasan dari Dr.dr Bernie yuk kita simak !
Pandemi merupakan tantangan tetapi mams dan paps harus tetap memantau pertumbuhan dan perkembangansi kecil .
Pertumbuhan dipantau dengan menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan juga lingkar kepala secara teratur , biasanya ada kurva pertumbuhan di buku catatan kesehatan anak atau KIA sehingga dapat diplot nih pertumbuhan anak sesuai dengan garis kurva yang baik atau tidaknya .
Perkembangan merupakan Fungsi maturasi dari fungsi - fungsi tubuh kita yaitu motorik kasar , motorik halus .
Pertumbuhan tinggi , berat badan dan lingkar kepala yang baik meningkat sesuai garis kurva .
Disini garis besarnya sangat penting ya mams dan paps memantau pertumbuhan si kecil karena terkadang ada anak yang sehat tetapi pertumbuhannya tidak sesuai dengan garis kurva yang baik di buku catatan kesehatan anak atau KIA , yang harus diplot adalah apakah berat badan si kecil sudah sesuai dengan usianya dan garis kurva di buku KIA? Oleh sebab itu seimbangkan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan si kecil ya mams dan paps , karena sebagai orang tua sudah pasti sangat penting untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhan si kecil yang baik .
Bahasa ekspresif , personal dan kemandirian si kecil pun harus dilihat juga apakah sudah sesuai dengan milestone yang ada , karena setiap perkembangan itu berbeda di setiap usia anak dari 1 - 3 tahun , contohnya milestone di usia tertentu sudah pasti berbeda ya perkembangan atau peningkatannya ..
Seperti diusia 1 tahun biasanya si kecil sudah pandai mengucapkan 1 kata , lalu diusia 2 tahun sudah bisa membuat kombinasi 2 kata dan diusia 3 tahun sudah bisa membuat kombinasi 3 kata atau kalimat dalam 3 kata .
Disini aku belajar lagi bahwa sebagai orang tua itu harus lebih peka terhadap tumbuh kembang si kecil karena banyak aspek yang harus dipantau agar milestone si kecil terstandarisasi .
1000 hari pertama dalam kehidupan si kecil adalah periode emas yang sangat penting untuk tumbuh kembang si kecil .
Orang tua harus lebih cermat lagi dalam memahami tahap - tahap tumbuh kembang si kecil sesuai usianya dan memberikan nutrisi dan stimulasi yang tepat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil untuk mendukung fondasi belajarnya .
kak Vera Niki Gozali Selaku brand manager S 26 procal menanggapi tentang pembahasan bersama mba pritta dan dr bernie yang menurutnya sejalan karena memang sesuai dengan komitmen PT WYETH NUTRITION S 26 sebagai partner mom dalam mendukung fondasi belajar sikecil dan sangat setuju bahwa tumbuh kembang si kecil secara keseluruhan harus mendapat perhatian orang tua meskipun sedang pandemi .
Namun jangan lupa selain membutuhkan stimulasi dan kasih sayang si kecil juga membutuhkan nutrisi .
Sejalan dengan visi wyeth nutrition dalam membantu generasi masa depan untuk mengembangkan potensi sepenuhnya dan menjalankan kehidupan yang lebih sehat dan menyediakan nutrisi yang berkualitas tinggi , serta inovatif dan terbukti secara ilmiah bagi para mams dan si kecil , wyeth nutrition menghadirkan pilihan rasa baru yang lezat yaitu S 26 procal nutrissentials rasa madu yang merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia 1 - 3 tahun untuk terus bantu tumbuh kembang si kecil secara optimal dan proses belajarnya .
Baiknya ini tanpa tambahan gula loh mams paps juga kaya akan kolin , zat besi , vit b kompleks , tinggi protein , kalsium , vit d dan k .
Diacara ini pun ada sesi tanya jawab yang seru loh dan ada kuis dengan hadiah e - cash senilai 250ribu rupiah untuk masing - masing pemenang , duh beruntung banget bisa nyimak youtube live nya #CaraPintarMom Talk & Play .
Di sesi terakhir ada belajar sambil bermain bersama Poetri Soehendro yang seorang story telling bersama sahabat barunya bernama bee - bee juga ada mam kimberli ryder dan rayden yang akan mengenalkan stimulasi literasi .
Stimulasi literasi dan ceritanya ini soal si bee - bee yang akan mencari madu .
Ceritanya seru banget dan menyenangkan pastinya mudah dimengerti oleh si kecil .
Nah mams paps tahukah kalau manfaat bercerita dan membacakan buku untuk si kecil itu sangat penting karena banyak sekali manfaat dari bercerita .
Bercerita bagus untuk anak - anak , jauh sebelum anak bisa menulis , mengenal huruf dan membaca , bahasa melalui bercerita adalah sebuah media yang baik untuk dipelajari anak - anak agar bisa berkomunikasi , yang dikomunikasikan bisa tentang perasaan si kecil ataupun orang - orang disekitarnya .
Bercerita mampu membantu  anak - anak untuk berfikir .
Kemampuan berfikirnya bisa ditingkatkan , yang paling penting problem solving .
Cerita yang sederhana tapi menyenangkan , inilah yang dibutuhkan oleh anak - anak .
Dengan bercerita pula otak anak bisa menjadi seperti sponge yang dapat menyerap nilai - nilai , kosa kata akan bertambah dan mulai belajar memahami suatu arti dari sebuah cerita .disaat pandemi ini sudah pasti bila tidak ada kegiatan dirumah bersama si kecil menjadi membosankan , dengan ikut menyimak youtube live hari ini aku juga jadi mempunyai banyak ide  nih untuk menstimulasi literasi anak aku .
Aku juga mau infoin kalau kalian bisa mendapatkan exclusive promo learn and bee - bee kit nih dengan hanya membeli 2x 400 gram S 26 procal nutrissential rasa madu di e commerce kesayangan kalian ..
Nah buat informasi seputar tumbuh kembang si kecil dan info menarik lainnya jangan lupa kunjungi instagramnya @wyethnutritionid ya mams paps .

Komentar